Monday, March 2, 2015

Pelabuhan Wisata Pantai Kartini Jepara

Pelabuhan Kartini merupakan sebuah pelabuhan kecil yang menghubungkan antara Pulau Jawa dan Kepulauan Karimunjawa. Pelabuhan ini terletak di Jl. AI Suryani, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pelabuhan Kartini yang berada di Latitude Longitude -6.590711, 110.648761 ini cukup terkenal, hampir semua orang yang tinggal di Jepara tahu arah menuju ke sana. Pelabuhan ini jaraknya cukup dekat dengan Terminal Jepara. Dari pelabuhan Kartini, perjalanan ke Karimunjawa dapat ditempuh selama 2 jam jika menggunakan kapal express bahari, atau sekitar 4 jam jika menggunakan kapal ferry siginjai.





Jadwal Keberangkatan Kapal




Kapal Express Bahari

Kapal Express Bahari merupakan kapal penyeberangan yang menjadi andalan bagi kalangan menengah keatas yang ingin ke Karimunjawa.Waktu tempuhnya sekitar 2 jam dari jepara menuju karimunjawa sehingga menjadi pilihan bagi yang tidak mau berlama-lama dalam perjalanan.Kapal ini memiliki 3 tipe ruangan yaitu Kelas bisnis, kelas executive dan kelas VIP.

Kapal Feri Siginjai
Kapal Feri Siginjai merupakan kapal penyeberangan yang menjadi tumpuan bagi masyarakat menengah kebawah. Selain untuk mengangkut penumpang/wisatawan yang ingin ke karimunjawa, kapal ini juga untuk memasok bahan makanan dan kebutuhan lainya dari Jepara. Kapal Feri Siginjai juga memiliki ruangan untuk pengangkutan kendaraan bermotor, mobil dan truk.


Tempat inipun sering dijadikan anak muda jepara atau wisatawan yang datang untuk berfoto selfie ataupun hunting foto untuk mengabadikan setiap moment di pelabuhan kartini jepara.







Tak jauh dari pelabuhan kartini jepara juga ada tempat wisata yang sangat populer di masyarakat jepara yaitu Pantai Kartini. Tepatnya di sbelah gerbang masuk pelabuhan jepara juga ada gerbang masuk menuju pantai kartini.
Pantai Kartini adalah objek wisata pantai di Bulu, Jepara, Jawa Tengah. Pantai ini terletak 2,5 km arah barat dari pendopo Kantor Bupati Jepara. Kawasan dengan luas lahan 3,5 ha ini merupakan kawasan yang strategis, karena sebagai jalur transportasi laut menuju objek wisata Taman laut Nasional Karimunjawa dan Pulau Panjang. Selain itu Pantai Kartini, tidak bisa lepas dari suatu acara tradisional yang disebut “Lomban”. Acara ini merupakan acara budaya masyarakat Jepara yang berlangsung selama 1 hari tepatnya pada tanggal 8 Syawal atau seminggu setelah Hari Raya Idul Fitri. Pantai Kartini disebut juga "Pemandian" yang terletak di bagian barat Pantai Kartini, karena pada awalnya digunakan sebagai pemandian yang dipercayai masyarakat dapat menyembuhkan penyakit rematik, gatal-gatal.





NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner