Monday, March 2, 2015

Daftar Obyek Wisata Jepara

Sebelum kita melihat obyek wisata apa saja yang ada di Jepara. Alangkah baiknya kita cari tahu tentang kota Jepara iu sendiri.. Kabupaten Jepara (bahasa Jawa: Hanacaraka adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Jepara. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di barat dan utara, Kabupaten Pati dan Kabupaten Kudus di timur, serta Kabupaten Demak di selatan. Wilayah Kabupaten Jepara juga meliputi Kepulauan Karimunjawa, yang berada di Laut Jawa. Kabupaten Jepara terletak di pantura timur Jawa Tengah yang bagian barat dan utaranya dibatasi oleh laut. Bagian timur wilayah kabupaten ini merupakan daerah pegunungan.

Wilayah Kabupaten Jepara juga meliputi Kepulauan Karimunjawa, yakni gugusan pulau-pulau di Laut Jawa. Dua pulau terbesarnya adalah Pulau Karimunjawa dan Pulau Kemujan. Sebagian besar wilayah Karimunjawa dilindungi dalam Cagar Alam Laut Karimunjawa. Penyeberangan ke kepulauan ini dilayani oleh kapal ferry yang bertolak dari Pelabuhan Jepara. Karimunjawa juga terdapat Bandara Dewandaru yang didarati pesawat dari Bandara Ahmad Yani Semarang.

Kantor Bupati Jepara
Tugu Garuda

Tugu Kartini
 
Masjid Agung Jepara


                    10 Info Tempat Wisata Terindah di Jepara
     Beragam keindahan alam ditawarkan oleh sejumlah tempat wisata di Jepara, pesona pantainya yang begitu menarik, sangat sayang jika Anda lewatkan. Daerah yang terkenal dengan sentra penghasil ukiran kayu ini juga merupakan tempat kelahiran pahlawan nasional wanita Indonesia yang terkenal yaitu R.A. Kartini dengan gagasan emansipasi wanita Indonesia.

     Beberapa landmark di Jepara berhubungan dengan RA. Kartini, seperti Pantai dan Museum Kartini. Selain itu, salah satu dari sejumlah tempat wisata paling terkenal hingga ke mancanegara yang ada di Jepara adalah Kepulauan Karimunjawa, merupakan sebuah destinasi wisata bahari yang memikat di Jawa Tengah. Seperti yang Anda ketahui, provinsi Jawa Tengah mempunyai berbagai destinasi yang mengagumkan. Karena letak geografis yang berada di posisi utara Pulau Jawa menjadikan Jepara memiliki sejumlah tujuan wisata pantai yang menarik.

Berikut adalah beberapa info tempat wisata di Jepara yang paling menarik dan wajib Anda kunjungi.


1. Taman Nasional Karimunjawa

Ini dia gugusan kepulauan yang memiliki sebanyak 27 pulau di Laut Jawa dengan jarak 83 km di arah barat laut kota Jepara, mempunyai luas area sebesar 107.225 ha. Kepulauan Karimunjawa juga merupakan sebuah cagar alam laut yang dilindungi dan sekarang ini disebut sebagai Taman Nasional Karimunjawa. Ya, Karimunjawa merupakan sebuah destinasi wisata yang sangat populer di Indonesia dan juga salah satu tempat wisata di Jepara yang terkenal. Disini, Anda bisa merasakan pengalaman wisata laut di Jawa Tengah.
                                                   







2. Museum R.A. Kartini
Museum R.A. Kartini merupakan wisata sejarah di Jepara yang sangat mudah Anda temui, yang berada di sebelah utara alun-alun kota Jepara. Museun ini menyimpan berbagai koleksi benda-benda peninggalan R.A. Kartini. Selain itu juga ada foto- foto kakak kandung R.A. Kartini, yakni Drs. RMP. Sosrokartono, dan berbagai benda purbakala pada abad ke-7 di era Ratu Shima. Ratu Shima adalah seorang penguasa dari kerajaan Kalingga yang berada di daerah Keling Kab. Jepara pada masa itu.





Pantai Kartini adalah salah satu tempat wisata paling menarik di Jepara. Tak heran pantai ini menjadi destinasi menarik wisata keluarga. Di sini, Anda akan menemui berbagai wahana permainan anak yang menarik, antara lain mandi bola, komedi putar, dan perahu arus, selain itu juga ada dermaga, dan aquarium kura-kura bisa Anda jumpai di pantai Jepara yang satu ini. Lokasi Pantai Kartini sangat strategis, yakni terletak di antara rute perjalanan wisata Kepulauan Karimunjawa dan Pulau Panjang.






4. Pantai Tirto Samudro

Pantai Tirto Samudro atau Pantai Klein Scheveningen atau yang dikenal oleh masyarakat umum dengan sebutan Pantai Bandengan adalah pantai yang terletak 7 km sebelah utara dari pusat kota Jepara, Jawa Tengah.[1] Pantai berpasir putih ini banyak dikunjungi untuk melihat matahari terbit dan matahari terbenam. Pantai ini juga acap digunakan untuk acara tingkat nasional maupun internasional berupa festival layang-layang dan ajang motor cross.






5. Pantai Mpurancak
Pantai Empu Rancak atau disebut juga Pantai Purancak adalah pantai yang terletak di Desa Karang Gondang, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara.kawasan ini banyak ditemui pilihan makanan menu seafood. Pantai Empu Rancak terlentak di Desa Karang Gondang, Kecamatan Mlonggo. Pantai ini masih terlihat sepi, sebab memang belum banyak yang mengenal wilayah ini. Namun sejak empat tahun terakhir, kawasan ini sudah mulai dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat.



6. Jepara Ocean Park
Jepara Ocean Park merupakan wisata bahari terbesar dan terlengkap di Jawa Tengah. Dengan bangunan yang mengusung tema istana rusia dan mediternia sehingga membuat tower seluncuran Jepara ocean Park unik dan berbeda dengan tower seluncuran lain di Indonesia, Jepara Ocean Park memiliki 36 slide waterpark. Diatas lahan seluas 11 Ha, Jepara Ocean Park mempunyai kapasitas 20.000 pengunjung.

Bukan hanya waterpark, Jepara Ocean Park juga memiliki banyak pilihan wahana permainan anak dan  wahana watersport karena letaknya yang ada dipesisir pantai Mororejo. Tapi meskipun terletak dipesisir pantai, tidak membuat suasana di Jepara Ocean Park terlihat gersang karena di setiap sudut area wisata kami memiliki taman dan area pepohonan hijau yang membuat suasana sejuk dan rindang.





















7. Benteng Portugis
Benteng Portugis adalah salah satu objek wisata andalan di Jepara adalah Benteng Portugis yang terletak di Desa Banyumanis Kecamatan Donorojo atau 45 km di sebelah timur laut Kota Jepara, dan untuk mencapainya tersedia sarana jalan aspal berbatu dan hanya dapat dicapai menggunakan kendaraan pribadi dikarenakan tidak ada rute transportasi umum ke situs sejarah ini.

Dilihat dari sisi geografis benteng ini tampak sangat strategis untuk kepentingan militer khususnya zaman dahulu yang kemampuan tembakan meriamnya terbatas 2 s/d 3 km saja. Benteng ini dibangun di ats sebuah bukit batu di pinggir laut dan persis di depannya terhampar Pulau mondoliko, sehingga praktis selat yang ada di depan benteng ini berada di bawah kendali Meriam Benteng sehingga akan berpengaruh pada pelayaran kapal dari Jepara ke Indonesia bagian timur atau sebaliknya.




8. Pulau Panjang

Pulau Panjang adalah pulau yang terdapat di Jepara, Jawa Tengah. Pulau dengan luas 19 hektare ini berjarak 1,5 mil laut dari Pantai Kartini, Jepara.
Pulau ini memiliki pasir putih dengan dikelilingi laut dangkal berair jernih serta memiliki terumbu karang. Bagian tengah pulau ini terdapat hutan tropis dengan pohon yang tinggi menjulang serta diselingi perdu dan semak sebagai tempat burung laut berkembang biak. Flora di pulau ini dominasi oleh pohon Kapuk randu, Asam jawa, Dadap, serta Pinus.
Pulau Panjang berpotensi sebagai penginapan yang mengusung go green, yaitu dengan membangun pennginapan tapi tidak merusak ekosistem pohon-pohon. Sayangnya Pemerintah Kabupaten Jepara belum memanfaatkan tersebut. Padahal di Pulau Panjang terdapat Makam Syekh Abu Bakar, sehingga jika ada resort atau vila atau penginapan disini maka para peziarah bisa ke Pulau Panjang di waktu apapun baik siang maupun malam hari karena ada fasilitas yang memadai untuk istirahat.





9. Guamanik Pecatu Park
Pantai Pecatu atau Pantai Gua Manik disebut juga Gua Manik Pecatu Park adalah pantai yang terletak di Desa Banyumanis tepatnya di sebelah selatan dari Benteng Portugis.Pantai Wisata Guamanik terdapat di sebelah selatan Benteng Portugis. Letaknya sangat berdekatan bahkan pantainya menyatu hanya dipisahkan oleh sebuah sungai kecil. Di ujung selatan pantai terdapat bukit cukup tinggi yang ditumbuhi pepohonan liar.Pengunjung dapat melakukan aktivitas di pantai atau laut, trekking mengelilingi bukit, atau berjalan naik ke atas bukit untuk melihat pemandangan di sekitar kawasan wisata seperti Benteng Portugis dan Pulau Mandalika.



10. Wisata Religi Masjid Mantingan
Masjid Mantingan adalah sebuah masjid kuno di Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Masjid ini konon didirikan pada masa Kesultanan Demak.
Masjid dan Makam Mantingan terletak 5 km arah selatan dari pusat kota Jepara di desa Mantingan kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Masjid dan Makam Mantingan berdiri dalam satu kompleks yang mudah dijangkau dengan kendaraan roda empat dari berbagai jurusan dengan sarana jalan aspal. Obyek wisata sejarah ini dengan sarana angkutan jurusan Terminal Jepara – Mantingan yang dapat ditempuh beberapa menit.




NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner